Saling mengenal dan berinteraksi dengan sesama wirausaha, sudah biasa kita lakukan dan terus berlangsung dalam perjalanan bisnis merupakan sebuah keharusan. Dimana kita dapat melakukan berbagai upaya untuk saling memberikan kontribusi positif dan penguatan satu sama lain dalam proses interaksi aktif pada berbagai kesempatan.
Setiap ada pertemuan, pertemanan dan kesempatan dalam acara apapun memberi kesempatan para wirausaha untuk dapat berbagi, mencari solusi bersama dari setiap masalahnya, saling mempromosikan produknya dan bahkan bisa sambil bernegosiasi untuk melakukan transaksi bisnisnya masing-masing.
Pada saat kesempatan bertemu di event temu wirausaha itulah semua wirausaha dapat berkolaborasi melakukan kerjasama bisnis, bersinergi untuk saling memberi manfaat, baik dari sisi penjualan, teknik produksi, maupun menggali ide-ide bisnis yang belum tereksplor satu sama lain. Biasanya mereka akan saling membandingkan, saling memberi masukan saran dengan menawarkan solusi-solusi alternatif dalam perbaikan kualitas maupun tampilan produknya masing-masing.
Tidak itu saja..sesama wirausaha biasanya akan terus menambah koleksi pertemanan dengan sesama pengusaha sehingga jangkauan jaringan bisnis akan lebih luas dan terpetakan dengan jelas. Dengan bertambahnya relasi, mereka dapat menambah jaringan bisnis yang lebih kompleks dan multi kepentingan sehingga terus berlanjut menjadi sebuah kerjasama yang bersinergi satu sama lain.
Kerjasama yang diperoleh biasanya bisa menambah reseller untuk pengembangan pasar, kerjasama meningkatkan keterampilan, supply bahan baku, dan manfaat-manfaat lainnya yang dapat saling sharing diantara mereka dengan berbagi pengalaman bisnis sehingga akan semakin bertambah pengetahuan dan maju dalam usahanya.
Penulis : Achmad Rosyad, SP, MM
Trainer Kewirausahaan Jawa Barat
UPTD Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha
Provinsi Jawa Barat