Memancing Kreativitas Entrepreneur

Banyak sekali  kreativitas dan keunikan yang bisa diterapkan dalam mengembangkan produk wirausaha yang akan menjadi ikon produk kita dikenal orang secara spesifik dan menjadi poin pembeda dari yang lain serta memiliki keunggulan.  Dengan prinsip kreatif, inovatif dan kompetitif tentunya yang akan memberikan sebuah accent kreativitas yang terus dikembangkan agar usaha kita terus mengikuti dinamika selera pelanggan dan tingkah laku para pesaing.

Tidak heran bila banyak pakar yang meletakkan kreativitas sebagai kunci keberhasilan kewirausahaan.  Lalu bagaimana cara agar kita sebagai wirausaha untuk  terstimulasi untuk selalu berfikir kreatif?

Sebagai wirausaha, entah berniat mencari ide produk baru, pasar yang baru atau sumber pendanaan alternatif, tak bisa dihindari kita lah yang harus terus menerus tertantang untuk mencari terobosan-terobosan kreatif. Ada beberapa tips atau langkah agar kita lebih terlatih mengembangkan solusi-solusi kreatif dalam berbagai masalah dalam kewirausahaan.

Pertama mulailah hari-hari atau setiap kegiatan Anda dengan tujuan atau merumuskan masalah yang jelas, fokus dan sebisa mungkin bermakna tunggal. Semakin sederhana semakin mudah kita menemukan solusi yang tepat.  Lalu, gunakan kalimat-kalimat positif, bersifat sekarang juga,pribadi dan persisten (sama dan berulang) Contoh : “Hari ini Saya akan membuat produk baru yang dapat diterima Pelanggan di Wilayah Bandung sehingga dapat menambah penjualan 40% dalam waktu 6 bulan).

Selanjutnya beri otak kita rangsangan-rangsangan sebanyak mungkin yang berkaitan langsung atau tidak dengan tujuan kita.  Rangsangan bisa berupa informasi dan pengetahuan dari berbagai media seperti buku, TV, Internet atau media lain. Jangan lupa, tenggelamkan diri kita secara intensif dengan penuh perasaan dan fokus ke dalam masalah yang dihadapi.  Gunakan semua kemampuan sadar kita (pikiran, gerakan dan panca indra) secara total.

Ciptakan tempat yang nyaman yang paling pas untuk mencari inspirasi dan ide-ide kreatif, serta tempat untuk pelarian yang nyaman pada saat kita merasa mentok dengan kemampuan sadar kita.  Sehingga kita dapat menemukan sebuah kenyamanan baru untuk menemukan banyak imajinasi yang membuat kita lebih rilex, lebih mudah menemukan ide-ide kreatif selanjutnya dalam memperbaharui produk kita.

Siapkan selalu buku atau kertas kecil untuk segera mencatat segala ide yang muncul secara tiba-tiba.  Banyak ide yang datang tak diduga-duga saat kita dalam kondisi rilex.  Eksplorasi  atau pencarian ide itu jangan dibatasi, semakin banyak dan beragam akan semakin baik.  Gunakan rasio (otak kiri) kita untuk memilih ide-ide yang tepat dengan menggunakan kriteria yang cocok.  Akhirnya…cobalah uji dengan logika kita untuk mendapatkan pembuktian ide-ide tersebut di lapangan dalam bisnis riil yang kita jalankan.

Selamat mencoba dan menstimulir segudang ide kreatif yang masih menggunung di dalam otak kita. Ingat sahabat wirausaha…..kreativitas bukan hanya milik para seniman.. Wirausaha seperti kita dituntut lebih banyak memiliki daya kreativitas yang luar biasa.  Dengan kreativitas yang produktif yang dapat menghasilkan ide-ide yang pada akhirnya dapat menjadi lokomotif pertumbuhan usaha Kita.  Dengan demikian diharapkan tips diatas akan layak bagi kita untuk menjadi wirausaha yang lebih kreatif kedepan.

 

 

Penulis : Achmad Rosyad, SP, MM
Trainer Kewirausahaan Jawa Barat
UPTD Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha
Provinsi Jawa Barat