Mengembangkan Kapasitas Diri Wirausaha dengan Proaktif Mengikuti Berbagai Pelatihan

Pengembangan kapasitas diri seorang wirausaha, saat ini begitu penting untuk dapat lebih memantapkan dirinya dalam mengembangkan usahanya. Terlebih dalam mengelola usaha perlu diberi sentuhan inovasi dan kreativitas yang notabene menjadi sebuah tanggung jawab pribadi wirausaha bagaimana membuat usahanya akan berbeda dari yang dan memiliki keunggulan (kompetitif). Semua harus bisa mengoptimalkan dirinya dengan peningkatan kapastitas SDM wirausaha melalui pelatihan-pelatihan yang menunjang.

Pelatihan adalah sebuah wahana untuk mengembangkan diri seorang wirausaha untuk lebih maju dan terampil, menambah pengetahuan dan wawasan sekaligus meningkatkan keterampilan pengusaha sesuai dengan bidang usahanya. Lebih dari itu pelatihan/training sangat dirasakan penting untuk dapat merubah perilaku wirausaha ke arah yang lebih baik dalam pengelolaan usaha dan mampu menerapkan segala aspek maupun nilai-nilai yang didapatkan melalui pelatihan untuk dapat diterapkan dalam mengelola usaha. Terutama dalam bisnis kedepan yang lebih beretika dan berkarakter serta dapat memberikan pelayanan terbaik, mampu mengintegrasikan hasil pelatihan dalam mengelola usahanya lebih tertata dan tentunya ada nilai tambah yang diperoleh melalui pelatihan yang diikutinya.

Melalui pelatihan biasanya para wirausaha menemukan banyak hal baru terutama menambah pertemanan sehingga dapat berjejaring dalam networking bisnis yang lebih luas secara strategis dan memberikan penguatan satu sama lain.  Bisa saja terjadi kolaborasi dan kerjasama yang sinergi dengan sesama pebisnis dari hasil pelatihan yang berlanjut bermitra dan melakukan tindak lanjut kerjasama pada suatu bisnis yang sama sehingga menjadi lebih luas jangkauannya.

Lebih dahsyatnya lagi, dari pelatihan itu kita mendapatkan berkahnya silaturahmi yang tentunya dengan silaturahmi ini akan mendatangkan banyak rezeki, bertemu dengan orang-orang hebat yang mengajari, memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan usaha yang baru kepada kita para wirausaha, sehingga akan diperoleh banyak manfaat dan berbagai kemudahan terutama dalam berbagai akses dan informasi penting selama pelatihan.

Intinya melalui pelatihan atau training yang diikuti dengan serius dan semangat tinggi akan banyak memberikan motivasi untuk memperbaharui kinerja pengusaha dan lebih meningkatkan kapasitas dirinya menjadi pengusaha yang lebih kreatif, inovatif dan berdaya saing, sekaligus menjadi pengusaha yang cerdas, berwawasan luas dan selalu terdepan dalam segala hal.
Wirausaha tidak boleh berhenti untuk terus belajar dan belajar menambah ilmu baru, wawasan dan meningkatkan keterampilan untuk kemajuan usahanya kedepan.
Bagaimana kita dapat terus eksis dan meningkatkan volume usaha, selalu update dalam segala hal melalui penerapan hasil pelatihan dan mendapatkan jaringan bisnis yang lebih luas, bisa bersinergi dengan wirausaha lain serta memiliki semangat yang terus terpelihara dengan mengikuti berbagai training yang diikuti.

Semoga dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan itulah, para wirausaha dapat lebih memiliki daya juang dan keunggulan bisnis serta lebih memiliki nilai tambah yang mencirikan usahanya lebih baik lagi kedepan. Jadilah wirausaha yang berkarakter, memiliki daya saing yang tinggi yang memiliki keunggulan, image positif serta memiliki motivasi berprestasi untuk selalu menjadi yang terbaik dan terdepan dalam dunia bisnis.

Semua dapat diperoleh dengan proaktif memanfaatkan peluang dan kesempatan mengikuti berbagai pelatihan yang dilakukan dengan kesungguhan dan penuh semangat….Aamiin semoga sukses sahabat wirausaha…..

Penulis : Achmad Rosyad, SP, MM
Trainer Kewirausahaan Jawa Barat
UPTD Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha
Provinsi Jawa Barat
Silahkan hubungi kami jika ada yang ingin anda tanyakan mengenai program OPOP. Pilih LO Kab/Kota domisili Anda!
WeCreativez WhatsApp Support
LO Cirebon & Kuningan
Rizky
Away
WeCreativez WhatsApp Support
LO Bekasi
Raka
Away
WeCreativez WhatsApp Support
LO Sukabumi & Cianjur
Agung
Away
WeCreativez WhatsApp Support
LO Majalengka & Indramayu
Andi
Away
WeCreativez WhatsApp Support
LO Subang, Karawang, Purwakarta
Cyntia
Away
WeCreativez WhatsApp Support
LO Depok & Bogor
Fajar
Away
WeCreativez WhatsApp Support
LO Tasikmalaya
Noval
Away
WeCreativez WhatsApp Support
LO Ciamis, Banjar, Pangandaran
Yeyen
Away
WeCreativez WhatsApp Support
LO Kab. Bandung, KBB & Cimahi
Yuke
Away
WeCreativez WhatsApp Support
LO Sumedang & Kota Bandung
Angga
Away
WeCreativez WhatsApp Support
LO Kab. Garut
Asep Hakim
Away